Sejarah Olahraga

Di dunia ini banyak sekali olahraga. Dan setiap olahraga, pasti selalu ada keunikan tersendiri yang bisa anda temukan di Thread ini. Ada juga cerita, sejarah hingga peristiwa di setiap olahraga.



 SELAMAT MEMBACA..
1. Renang


Renang adalah olahraga yang hanya bisa dilakukan di air. Di setiap sudut kota, pasti selalu ada kolam renang yang telah disediakan oleh pemerintah. Renang selalu diadakan pada Olimpiade. Renang telah dikenal sejak masa prasejarah. Lukisan dari Jaman Batu telah ditemukan di dalam “gua para perenang” dekat Wadi Sora (atau Sura) dibagian barat-daya Mesir. Referensi tulisan yang berasal dari 2000 tahun sebelum masehi, termasuk Gilgamesh, Iliad, dan Odyssey, Injil (Ezekiel 47:5, Perjanjian 27:42, Isaiah 25:11, Beowulf, dan hikayat lainnya). Pada tahun 1538 Nicolas Wynman, Profesor bahasa berkebangsaan Jerman, menulis buku renang pertama kali, “Colymbetes”. Kompetisi renang di Eropa dimulai sekitar tahun 1800, sebagian besar menggunakan gaya dada. Sampai sekarang, olahraga renang masih digemari penduduk di seluruh dunia.


2. Tenis

Tennis adalah olahraga yang selalu dilakukan pada lapangannya. Olahraga ini baku, tidak bisa dimainkan dimanapun kecuali di lapangan Tennis. Terdapat berbagai jenis permainan yang menggunakan raket yang dimainkan dewasa ini dan tenis merupakan salah satu permainan yang paling disukai. Menurut beberapa catatan sejarah, permainan menggunakan bola dan raket sudah dimainkan sejak sebelum Masehi, yaitu di Mesir dan Yunani. Pada abad ke-11 sejenis permainan yang disebut jeu de paume, yang menyerupai permainan tenis kini, telah dimainkan untuk pertama kali di sebuah kawasan di Perancis. Bola yang digunakan dibalut dengan benang berbulu sedangkan pemukulnya hanyalah tangan. Lapangan tenis dibagi dua oleh sebuah jaring yang di tengah-tengahnya tingginya persis 91.4 cm dan di pinggirnya 107 cm. Setiap paruh lapangan permainan dibagi menjadi tiga segi: sebuah segi belakang dan dua segi depan (untuk service). Tennis hingga sekarang masih digemari.


3. Basket


Basket adalah olahraga yang hanya dapat dimainkan pada tempat yang tersedia Ring basket. Basket hanya membutuhkan Bola dan Ring. Permainan bola basket diciptakan oleh Prof. Dr. James A. Naismith salah seorang guru pendidikan jasmani Young Mens Christian Association (YMCA) Springfield, Massachusets, Amerika Serikat pada tahun 1891. Gagasan yang mendorong terwujudnya cabang olahragabaru ini ialah adanya kenyataan bahwa waktu itu keanggotaan dan pengunjung sekolah tersebut kian hari kian merosot. Sebab utamanya adalah rasa bosan dari para anggota dalam mengikuti latihan olahraga Senam yang gerakannya kaku. Di samping itu kebutuhan yang dirasakan pada musim dingin untuk tetap melakukan olahraga yang menarik semakin mendesak. Naismith akhrinya sampai pada kesimpulan bahwa permainan yang baru itu harus mempergunakan bola yang bentuknya bulat, tidak menjegal, dan harus menghilangkan gawang sebagai sasarannya. Untuk menjinakkan bola sebagai pengganti menendang dilakukan gerakan mengoper dengan tangan serta menggiring bola (dribbling) sebagai puncak kegairahan, gawang diganti dengan sasaran lain yang sempit dan terletak di atas para pemain, sehingga dengan obyek sasaran yang demikian pengutamaan tembakan tidak terletak pada kekuatan seperti yang terjadi pada waktu menendang, melainkan pada ketepatan menembak.


4. Bulutangkis


Bulutangkis adalah olahraga yang paling terkenal di China. Olahraga ini sangat digemari meskipun banyak yang berpendapat olahraga ini paling susah. Bermain bulutangkis lebih lengkap dengan memakai net. Tapi jika tidak ada net, juga bisa bermain. Yang paling penting dari olahraga ini adalah raket dan kok yang harus memadai. Lapangan bulutangkis hampir menyamai lapangan voli, hanya saja net dari lapangan bulutangkis lebih rendah. Seperti banyak olahraga lainnya, bulutangkis memiliki sejarah panjang, Badminton mendapat namanya dari Badminton House di Gloucestershire Inggris, Rumah dari Duke of Beaufort, dimana olahraga ini dimainkan di abad terakhir. Sebelum Badminton House, ada sebuah permainan yang disebut poona (permainan yang dimainkan oleh petugas stationed tentara Inggris di India). Bulutangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. Rekor smash tercepat di dunia dipegang oleh Tan Boon Heong dari Malaysia dengan kecepatan smash 414 km/jam.


5. Golf


Golf adalah olahraga yang paling membutuhkan lahan. Minimal 1 hektar untuk mendapatkan kepuasan bermain Golf. Sedangkan yang dituju hanyalah lubang kecil. Golf berasal dari Skotlandia/Belanda dan telah dimainkan selama lebih kurang 500 tahun di kepulauan Britania Raya. Lapangan golf tertua di dunia yang diketahui adalah The Old Links di Musselburgh. Di sana golf telah dimainkan sejak tahun 1672. Orang yang bermain golf biasa disebut pegolf. Golf mengenal sistem handicap. Golf sejak kini masih digemari, terutama di Inggris karena disana banyak terdapat lapangan Golf, dan bisa disewakan.


6. Voli

Voli adalah olahraga yang bisa dilakukan di mana saja asal tersedia Net dan Bolanya. Permainan Bola Voli tidak terlalu sering dimainkan karena membutuhkan orang yang banyak serta harus ada lapangan khusus.
Meski begitu, Voli tetap digemari oleh seluruh atlit. Ukuran lapangan bola voli yang umum adalah 9 meter x 18 meter. Ukuran tinggi net putra 2,43 meter dan untuk net putri 2,24 meter. Garis batas serang untuk pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring). Garis tepi lapangan adalah 5 cm. Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat).


7. Kasti/ Softball/ Baseball

Ini adalah olahraga yang paling rumit. Mirip seperti tennis, olahraga ini hanya "PAS" dimainkan di lapangannya. Tapi kita juga bisa memainkannya di Lapangan yang sangat luas, meskipun banyak resiko.
Permainan Softball tepatnya lahir di Amerika Serikat, yang diciptakan oleh George Hancoc di kota Chicago tahun 1887. Awalnya sofball dimainkan hanya untuk kegiatan rekreasi semata dan dilakukan di lapangan tertutup. Namun ternyata dalam waktu singkat softball justru menjadi permainan yang banyak digemari masyarakat disana waktu itu. Daya tarik yang utama mengapa permainan ini cepat dicintai masyarakat, karena permainannya berbeda-beda dengan baseball (bisbol). Softball dapat dimainkan oleh setiap orang dengan tidak memandang usia, baik pria ataupun wanita, dan tak memerlukan lapangan yang luas dan yang terutama dapat dimainkan di gelanggang tertutup. Dari Amerika Serikat, olahraga ini berkembang ke Kanada dan dari sanalah softball makin berkembang ke seluruh penjuru dunia.


8. Sepak Bola

Ya, olahraga sepak bola adalah olahrag nomor 1 di dunia. Kenapa ? Setiap 4 tahun sekali, ada 1 hal yang tidak akan pernah kita lewati, yaitu adalah Piala Dunia. Dan olahraga yang disertakan hanya sepak bola. Inilah yang membuat olahraga ini istimewa.Asal muasal sejarah munculnya olahraga sepak bola masih mengundang perdebatan. Beberapa dokumen menjelaskan bahwa sepak bola lahir sejak masa Romawi, sebagian lagi menjelaskan sepak bola berasal dari tiongkok. FIFA sebagai badan sepak bola dunia secara resmi menyatakan bahwa sepak bola lahir dari daratan Cina yaitu berawal dari permainan masyarakat Cina abad ke-2 sampai dengan ke-3 SM. Olah raga ini saat itu dikenal dengan sebutan “tsu chu “.

Sejarah sepak bola semakin teruji hingga saat ini IFAB merupakan badan yang mengeluarkan berbagai peraturan pada permainan sepak bola, baik tentang teknik permainan, syarat dan tugas wasit, bahkan sampai transfer perpindahan pemain. Sepak bola bisa dimainkan dimana saja. Asal ada bola dan benda yang bisa dijadikan gawang.

Leave a Reply

free counters